Senin, 11 Maret 2013

Seberapa Penting Akuntansi Bagi Dunia Bisnis?



Akuntansi Bagi Dunia Bisnis

            Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis. Kalimat tersebut seringkali didengar, namun sebenarnya seberapa penting akuntansi bagi dunia bisnis? Ternyata, sangatlah penting, karena dimana ada sebuah kegiatan bisnis pasti disitu ada pula kegiatan akuntansi. Sebagai contoh kegiatan akuntansi didalam bisnis adalah laporan keuangan, adanya laporan keuangan kegiatan bisnis kepada seorang atasan merupakan contoh dari adanya suatu keterhubungan antara akuntansi dan bisnis.
            Mengapa akuntansi disebut sebagai “bahasa bisnis” ? Karena melalui akuntansi, informasi bisnis dapat dikomunikasikan kepada para pemilik kepentingan atau para pemilik saham. Akuntansi penyediakan informasi bagi para pemangku kepentingan dalam perusahaan melalui proses sebagai berikut : 
a. Mengindentifikasi    
b. Menilai kebutuhan    
c. Merancang sistem informasi akuntansi                
d. Mencatat data ekonomi          
e. Menyiapkan laporan akuntansi.
           
            Berikut pengertian dari akuntansi, bisnis, dan sistem informasi akuntansi :
a.       Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.[1] 
b.      Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan untung.[2]
c.       Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengopreasikan bisnis.[3]
Jelas terlihat dari ketiga pengertian diatas bahwa antara akuntansi dan bisnis memiliki hubungan yang saling terkait. Bisnis tanpa adanya akuntansi akan menjadi berantakan dan tak terarah dengan jelas kemana uang untuk kegiatan terpakai.
            Dalam dunia bisnis, akuntansi (accounting) dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. Para pemangku kepentingan tersebut adalah owners (Pemegang saham), employes (Pekerja), costumer (Pelanggan), kreditors (Orang yang member pinjaman), government (Pemerintah), community (Masyarakat).





Sumber yang digunakan :
[1]        http://id.wikipedia.org/wiki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar